Langsung ke konten utama

CCNA Chapter 1

 Jaringan dalam Kehidupan Sehari-hari Kita

    Di antara semua hal penting bagi keberadaan manusia, kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain berada tepat di bawah kebutuhan kita untuk menopang kehidupan. Komunikasi hampir sama pentingnya dengan ketergantungan kita pada udara, air, makanan, dan tempat tinggal. Di dunia saat ini, melalui penggunaan jaringan, kita terhubung tidak seperti sebelumnya.

Teknologi dulu dan sekarang

    Bayangkan dunia tidak ada Internet. Tidak ada Google, YouTube, Facebook, Game Online, Dan lain-lain serta akses mudah ke informasi terbaru. Tidak ada situs jual beli online apapun dan  petunjuk arah ke berbagai lokasi hanya dengan mengklik tombol. Itulah dunia pada zaman dahulu tanpa adanya jaringan internet. Sekarang jaringan data perlahan-lahan berkembang dan digunakan kembali untuk meningkatkan kualitas hidup orang di mana pun.

Tidak ada Batasan

    Internet telah mengubah cara interaksi sosial, komersial, politik, dan pribadi terjadi. Sifat langsung komunikasi melalui Internet mendorong terciptanya komunitas global. Komunitas global memungkinkan interaksi sosial yang tidak bergantung pada lokasi atau zona waktu. Penciptaan komunitas online untuk pertukaran ide dan informasi berpotensi meningkatkan peluang produktivitas di seluruh dunia.

Jaringan Mendukung Cara Kita Belajar

    Pembelajaran jarak jauh secara online telah menghilangkan hambatan geografis dan meningkatkan peluang siswa. Jaringan yang kuat dan andal mendukung dan memperkaya pengalaman belajar siswa. Mereka menyampaikan materi pembelajaran dalam berbagai format termasuk kegiatan interaktif, penilaian, dan umpan balik.

Jaringan Mendukung Cara Kita Berkomunikasi

    Beberapa bentuk komunikasi meliputi:

  1. SMS - SMS memungkinkan komunikasi real-time instan antara dua orang atau lebih.
  2. Media Sosial - Media sosial terdiri dari situs web interaktif tempat orang dan komunitas membuat dan berbagi konten buatan pengguna dengan teman, keluarga, rekan kerja, dan dunia.
  3. Alat Kolaborasi - Tanpa batasan lokasi atau zona waktu, alat kolaborasi memungkinkan individu untuk berkomunikasi satu sama lain, seringkali melalui video interaktif waktu nyata. Distribusi  jaringan data yang luas berarti bahwa orang-orang di lokasi terpencil dapat memberikan kontribusi  yang setara dengan orang-orang di jantung pusat populasi yang besar.
  4. Blogs - Blogs, yang merupakan singkatan dari kata “weblog”, adalah halaman web yang mudah diperbarui dan diedit.
  5. Wiki - Wiki adalah halaman web yang dapat diedit dan dilihat bersama oleh sekelompok orang.
  6. Podcasting - Podcasting memungkinkan orang menyampaikan rekaman audio mereka ke khalayak luas.
  7. Peer - to - Peer (P2P), memungkinkan orang untuk berbagi file sat sama lain tanpa harus menyimpan dan mendownloadnya dari server pusat. Pengguna bisa bergabung jaringan P2P hanya dengan mengistal software P2P.

Jaringan Mendukung Cara Kami Bekerja

    Dalam dunia bisnis, jaringan data pada awalnya digunakan oleh bisnis untuk secara internal mencatat dan mengelola informasi keuangan, informasi pelanggan, dan sistem penggajian karyawan. Penggunaan jaringan untuk menyediakan pelatihan karyawan yang efisien dan hemat biaya semakin diterima. Peluang belajar online dapat mengurangi perjalanan yang memakan waktu dan mahal, namun tetap memastikan bahwa semua karyawan mendapatkan pelatihan yang memadai untuk melakukan pekerjaan mereka dengan cara yang aman dan produktif.

Jaringan Mendukung Cara Kami Bermain

    Internet  juga bisa digunakan sebagai bentuk hiburan. Jaringan memungkinkan penciptaan bentuk hiburan baru seperti online game, motion picture, live sporting, dan lain-lain. Bahkan aktivitas offline juga ditingkatkan menggunakan layanan kolaborasi jaringan. Komunitas global yang diminati telah berkembang pesat. Apapun bentuk rekreasi yang kita nikmati, jaringan akan meningkatkan pengalaman kita.

    Infrastruktur jaringan berisi tiga kategori komponen jaringan :

  • Perangkat
  • Media
  • Jasa

    Perangkat dan media adalah elemen fisik, atau perangkat keras, dari jaringan. Perangkat keras seringkali merupakan komponen yang terlihat dari platform jaringan seperti laptop, PC, sakelar, router, titik akses nirkabel, atau kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat.

Media Jaringan

    Komunikasi melalui jaringan dilakukan pada media. Media menyediakan saluran di mana pesan berjalan dari sumber ke tujuan. Jaringan modern terutama menggunakan tiga jenis media untuk menghubungkan perangkat dan menyediakan jalur pengiriman data. , media tersebut adalah:

  1. Metallic wires within cables - data dikodekan menjadi impuls listrik.
  2. Kaca atau serat plastik (fiber optic cable) - data dikodekan sebagai pulsa cahaya.
  3. Wireless transmission - data dikodekan menggunakan panjang gelombang dari spektrum elektromagnetik.

Jenis Jaringan

Infrastruktur jaringan dapat sangat bervariasi dalam hal :

  1. Ukuran area yang dicakup
  2. Jumlah pengguna yang terhubung
  3. Jumlah dan jenis layanan yang tersedia
  4. Area tanggung jawab

Dua jenis infrastruktur jaringan yang paling umum :

  • Local Area Network (LAN) - Infrastruktur jaringan yang menyediakan akses ke pengguna dan perangkat akhir di area geografis kecil, yang biasanya merupakan jaringan perusahaan, rumah, atau bisnis kecil yang dimiliki dan dikelola oleh individu atau departemen TI.
  • Wide Area Network (WAN) - Infrastruktur jaringan yang menyediakan akses ke jaringan lain melalui area geografis yang luas, yang biasanya dimiliki dan dikelola oleh penyedia layanan telekomunikasi.

Jenis jaringan lainnya :

  • Metropolitan Area Network (MAN) - Infrastruktur jaringan yang menjangkau area fisik yang lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN (misalnya, kota). MAN biasanya dioperasikan oleh satu entitas seperti organisasi besar.
  • Wireless LAN (WLAN) - Mirip dengan LAN tetapi secara nirkabel menghubungkan pengguna dan titik akhir di wilayah geografis kecil.
  • Storage Area Network (SAN) - Infrastruktur jaringan yang dirancang untuk mendukung server file dan menyediakan penyimpanan data, pengambilan, dan replikasi.

Jaringan Area Lokal ( LAN )

    LAN adalah Infrastruktur jaringan yang mencakup wilayah geografis yang kecil. Fitur khusus LAN meliputi :

  • LAN menghubungkan perangkat akhir di area terbatas seperti rumah, sekolah, gedung perkantoran, atau kampus.
  • LAN biasanya dikelola oleh satu organisasi atau individu
  • LAN menyediakan bandwidth kecepatan tinggi ke perangkat ujung internal dan perangkat perantara.

Jaringan Area Luas (WAN)

    WAN adalah infrastruktur jaringan yang mencakup wilayah geografis yang luas. WAN biasanya dikelola oleh penyedia layanan (SP) atau Internet Service Provider (ISP).

    Fitur khusus dari WAN termasuk:

  • WAN menghubungkan LAN di wilayah geografis yang luas seperti antara kota, negara bagian, provinsi, negara, atau benua.
  • WAN biasanya dikelola oleh beberapa penyedia layanan.
  • WAN biasanya menyediakan tautan kecepatan yang lebih lambat antar LAN.

INTERNET, INTRANET, dan EXRANET

Intranet Exranet

    Intranet adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk ke koneksi pribadi LAN dan WAN yang dimiliki oleh sebuah organisasi, dan dirancang untuk dapat diakses hanya oleh anggota organisasi, karyawan, atau orang lain dengan otoritas.

    Suatu organisasi dapat menggunakan ekstranet untuk nenyediakan akses aman dan aman kepada individu yang bekerja untuk organisasi yang berbeda, tetapi memerlukan akses ke data organisasi.

Internet

    Internet adalah kumpulan jaringan yang saling berhubungan di seluruh dunia (internetworks atau singkatnya internet). Internet tidak dimiliki oleh individu atau kelompok mana pun. Ada organisasi yang telah dikembangkan dengan tujuan membantu memelihara struktur dan standarisasi protokol dan proses Internet. 

    Organisasi-organisasi ini termasuk Internet Engineering Task Force (IETF), Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), dan Internet Architecture Board (IAB), ditambah banyak lagi lainnya.


    Bisnis mungkin memerlukan bandwidth yang lebih tinggi, bandwidth dedicated, managed services. Pilihan koneksi yang tersedia bebeda tergantung pada jumlah penyediaan layanan terletak di dekatnya. Berikut pilihan koneksi umum untuk organisasi, yang meliputi :

  • Dedicated Leased Line
  • Metro Ethernet
  • DSL
  • Satelit
Jaringan sangat bisa diandalkan, berikut hal-hal yang bisa diandalkan oleh jaringan :
  • Planing untuk masa depan
  • Arsitektur jaringan pendukung
  • Toleransi kesalahan dalam jaringan circuit switched
  • Tolenrasi kesalahan dalam jaringa packet-switched
  • Jaringan scalable
  • Menyediakan QoS
  • Menyediakan keamanan Jaringan

Security

    Keamanan informasi mengacu pada melindungi informasi yang terkandung dalam paket yang dikirimkan melalui jaringan dan informasi yang disimpan di perangkat yang terpasang di jaringan. Untuk mencapai tujuan keamanan jaringan, ada tiga persyaratan utama:

Kerahasiaan - kerahasiaan data berarti bahwa hanya penerima yang dituju dan yang berwenang yang dapat mengakses dan membaca data.

Integritas - Integritas data berarti memiliki jaminan bahwa informasi belum diubah dalam transmisi, dari asal ke tujuan.

Ketersediaan - Ketersediaan data berarti memiliki jaminan akses yang tepat waktu dan dapat diandalkan ke layanan data untuk pengguna yang berwenang.

NETWORK TRENDS

    Ada beberapa tren jaringan baru yang akan mempengaruhi organisasi dan konsumen. Beberapa tren teratas termasuk:

  • Bring Your Own Device (BYOD)
  • Online collaboration
  • Video communications
  • Cloud computing
  • Bring Your Own Device (BYOD)

    Konsep perangkat apa pun, untuk konten apa pun, dengan cara apa pun, adalah tren global utama yang memerlukan perubahan signifikan pada cara perangkat digunakan. Tren ini dikenal sebagai Bring Your Own Device (BYOD). BYOD adalah tentang pengguna akhir yang memiliki kebebasan untuk menggunakan alat pribadi untuk mengakses informasi dan berkomunikasi di seluruh jaringan bisnis atau kampus. BYOD berarti perangkat apa pun, dengan kepemilikan apa pun, digunakan di mana saja. 

1. Online Collaboration

    Untuk bisnis, kolaborasi adalah prioritas kritis dan strategis yang digunakan organisasi untuk tetap kompetitif. Kolaborasi juga merupakan prioritas dalam pendidikan.

2. Video Communications

    Video conferencing adalah alat yang ampuh untuk berkomunikasi dengan orang lain dari jauh, baik lokal maupun global. Video menjadi persyaratan penting untuk kolaborasi yang efektif karena organisasi meluas melintasi batas geografis dan budaya.

3. Cloud Computing

    Cloud computing adalah tren global lain yang mengubah cara kita mengakses dan menyimpan data. Cloud computing memungkinkan kami untuk menyimpan file pribadi, bahkan mem-backup seluruh hard disk drive kami di server melalui Internet. Ada empat tipe Cloud : Public Clouds, Private Clouds, Hybrid Clouds, and Custom Clouds. 

4. Ancaman Keamanan

    Keamanan jaringan adalah bagian integral dari jaringan komputer, terlepas dari apakah jaringan terbatas pada lingkungan rumah dengan koneksi tunggal ke Internet atau sebesar perusahaan dengan ribuan pengguna. Keamanan jaringan yang diterapkan harus mempertimbangkan lingkungan, serta alat dan persyaratan jaringan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CCNA Chapter 8

  Domain Siaran      Di LAN Ethernet, perangkat menggunakan siaran untuk mencari: Perangkat lain - Perangkat menggunakan Address Resolution Protocol (ARP) yang mengirim siaran Layer 2 ke alamat IPv4 yang dikenal di jaringan lokal untuk menemukan alamat MAC terkait. Layanan - Sebuah host biasanya memperoleh konfigurasi alamat IPv4 menggunakan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) yang mengirim siaran di jaringan lokal untuk mencari server DHCP.      Switch menyebarkan siaran keluar semua antarmuka kecuali antarmuka yang diterima. Sebagai contoh, jika sebuah saklar dalam gambar itu menerima siaran, ia akan meneruskannya ke switch lain dan pengguna lain yang terhubung dalam jaringan.      Router tidak menyebarkan siaran. Ketika router menerima siaran, ia tidak meneruskannya ke antarmuka lain. Misalnya, ketika R1 menerima siaran pada antarmuka Gigabit Ethernet 0/0-nya, ia tidak meneruskan antarmuka lain.      Oleh karena ...

CCNA Chapter 2

Operating Systems      Semua perangkat akhir dan perangkat jaringan memerlukan sistem operasi (OS). Seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1, bagian dari OS yang berinteraksi langsung dengan perangkat keras komputer disebut kernel. Bagian yang berinteraksi dengan aplikasi dan pengguna dikenal sebagai shell. Pengguna dapat berinteraksi dengan shell menggunakan antarmuka baris perintah (CLI) atau antarmuka pengguna grafis (GUI). Shell = Antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk meminta tugas tertentu dari komputer. Permintaan ini dapat dilakukan melalui antarmuka CLI atau GUI. Kernel = Berkomunikasi antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer dan mengatur bagaimana sumber daya perangkat keras digunakan untuk memenuhi persyaratan perangkat lunak. Hardware = bagian fisik komputer termasuk elektronik yang mendasarinya.      Saat menggunakan CLI seperti yang ditunjukkan pada Gambar 2, pengguna berinteraksi langsung dengan sistem dalam lingkungan b...

CCNA Chapter 3

  Dasar-dasar Komunikasi      Orang bertukar pikiran menggunakan banyak metode komunikasi yang berbeda. Semua metode komunikasi memiliki tiga elemen yang sama.  Elemen pertama adalah sumber pesan, atau pengirim. Sumber pesan adalah orang, atau perangkat elektronik, yang perlu mengirim pesan ke individu atau perangkat lain.  Elemen kedua adalah tujuan, atau penerima pesan. Tujuan menerima pesan dan menafsirkannya.  Elemen ketiga, disebut saluran, terdiri dari media yang menyediakan jalur perjalanan pesan dari sumber ke tujuan.      Komunikasi dimulai dengan pesan, atau informasi, yang harus dikirim dari sumber ke tujuan. Pengiriman pesan ini, baik dengan komunikasi tatap muka atau melalui jaringan, diatur oleh aturan yang disebut protokol. Protokol ini khusus untuk jenis metode komunikasi yang terjadi. Dalam komunikasi pribadi kita sehari-hari, aturan yang kita gunakan untuk berkomunikasi melalui satu media, seperti panggilan telepon, bel...